Sunday, March 4, 2012

Mencari Gangguan Speedy.


Prosedur Sederhana ini mungkin dapat membantu  kita dalam mendeteksi secara awal gangguan sambungan internet melalui Speedy yang mungkin terjadi ditempat anda dan boleh dilakukan sendiri untuk mengetahui sambungan antara komputer dengan modem dan antara komputer dengan DNS Telkom berjalan dengan baik atau tidak .
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sbb :
1. Mengetahui IP Modem :
Klik : Start – Run – Taip cmd (untuk windows xp /Vista) atau command (untuk windows 98/2000) maka akan muncul halaman command. Selanjutnya taip : ipconfig dan enter dan akan muncul IP Gateway dari modem. Sebagai contoh IP Gateway-nya adalah : 192.168.1.1 (lihat gambar dibawah ini)
2. Memeriksa sambungan dari Komputer ke Modem :
Klik : Start - Run - Taip cmd (atau boleh dari langkah pertama) di halaman command taip ping 192.168.1.1 dan akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini :

Bila jawapan setelah ping adalah Reply from 192.168.1.1 dst dan dinyatakan Lost 0% bererti sambungan antara Komputer ke Modem anda adalah baik.
3. Memeriksa sambungan dari Komputer ke DNS Telkom :
Klik : Start - Run - Taip cmd (atau boleh dari langkah pertama) dihalaman command taip ping 202.134.0.155 dan akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini :

Bila jawapan setelah ping adalah Reply from 202.134.0.155 dst dan dinyatakan Lost 0% bererti sambungan antara Komputer ke DNS Telkom adalah baik.
4. Mengetahui dan Troubleshooting bila ada gangguan Speedy :
Apabila langkah pada point 2 dan 3 diatas jawapannya adalah "Request Timed Out" atau "Destination Host Unreachable" dan ada lost 100% maka sudah boleh dipastikan adanya gangguan pada Speedy anda (lihat gambar dibawah ini)
Untuk itu lakukanlah langkah-langkah sbb :
1. Pastikan saluran telefon baik dengan mengangkat pesawat telepon dan mendapat nada pilih.
2. Pastikan kabel Ethernet Modem ke PC dan kabel modem ke Telefon terhubung dengan baik (tidak tertukar tempat pada splitternya). Tidak ada PABX, paralel telefon atau peralatan lain yang terhubung sebelum splitter.
3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 minit, nyalakan kembali dan pastikan lampu ADSL menyala tanpa blinking.
4. Pastikan username dan password sudah betul
Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx
5. Jika LAN pada posisi disable. Lakukanlah : Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection, Double klik Local Area Connection untuk men-enablekan LAN.
6. ADSL tidak blinking tetapi sambungan PC ke DNS “request time out”. Matikan fitur firewall (lihat user manual modem) di sisi modem, lakukan restart modem ADSL.
7. Mesej DNS masih “request time out” atau tidak mendapat IP. Lakukan setting IP:
a.Pada windows XP
Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (Harus sama dengan IP address modem)
Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155
b.Pada Windows 98/ME/2000
Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab – TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155
8. Jika modem hanging. Refresh dan Setting ulang modem via menu modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 )
9. Hubungi 100 untuk informasi lebih lanjut.
Demikian penjelasan singkat dan sederhana untuk para pengguna Speedy bila menghadapi masalah atau gangguan dengan Speedy.
~Diambil dari pelbagai sumber

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...