Sunday, November 27, 2011

Selamat Tahun Baru :1 Muharram 1433H

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1433H
Muharram merupakan tahun baru di kalender Hijriyah. Berawal dari Bulan yang tiba-tiba menghentak batin kita untuk segera mengenang peristiwa besar dalam sejarah, yaitu peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW. dari kota Makkah menuju kota Madinah. Setiap awal tahun hijriyah seperti ini kita seharusnya sebagai umat Islam segera membangun semangat baru untuk meningkatkan ketakwaan dalam diri kita. Meningkatkan ketaatan kepada Allah.

Hijrah menuju ketaatan dan ketakwaan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Merayakan tahun baru Islam sebaiknya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang Islami.

Ada beberapa
cara yang kiranya perlu dilakukan dalam menyambut kedatangan tahun hijriyah di antaranya:
  1. Niat yang ikhlas mengharapkan keridaan Allah SWT semata;
  2. Mengucapkan syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya, nikmat kesehatan dan rezeki, serta bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan pengikut beliau. Pada tahun baru ini, kita mensyukuri seluruh nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah di tahun sebelumnya agar nikmat tersebut bertambah dan tidak dicabut-Nya.
  3. Membaca doa, berharap dan bermohon kepada Allah SWT agar meridai dan menerima amalan-amalan yang dilakukan sebagai ibadah yang makbul, tetap menjadi pengikut Rasullah SAW yang setia hingga akhir hayat, serta tidak kembali keharibaan-Nya kecuali dalam keadaan berserah diri kepada-Nya, sebagaimana yang diperintahkan-Nya kepada kita: “Dan janganlah kamu mati, kecuali dalam keadaan beragama Islam.” (QS Ali Imran 102).
  4. Banyak bertafakur untuk bermuhasabah dengan bertambahnya usia yang berarti berkurang kesempatan berkreasi mengisi kehidupan dunia.
  5. Memanfaatkan kehidupan dunia dengan sebaik-baiknya sebagai hamba yang mengabdi kepada Allah  dengan sebenar-benarya mengabdi .
  6. Mempersiapkan diri dengan bekal takwa sebagai sebaik-baiknya persiapan dan bekal.
  7. Memelihara dan menjaga diri dari perbuatan syirik, bid’ah, maksiat, dan perbuatan dosa lainnya.
  8. Menghindari pesta  yang menyalahi ajaran Islam.
  9. Meningkatkan, menganjurkan bersedekah. 

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...