Sunday, November 13, 2011

TUNISIA: PASCA ZINE AL-ABIDINE BEN ALI

Isteri Bekas Presiden Tunisia Miliki 1,000 Pasang Kasut.

Leila Trablesi (Foto: Guardian)
Leila Trablesi (Foto: Guardian)
TUNIS - Kerajaan baru Tunisia terus memburu kes rasuah yang dilakukan oleh mantan Presiden Zine Al Abidine Ben Ali dan Isterinya Leila Trabelsi. Penemuan terbaru menyebutkan, sekitar 1,000 pasang kasut milik Trabelsi ditemukan di rumahnya.

Pihak penyelidik menemukan 1,000 pasang kasut buatan para pereka ternama dunia waktu menggeledah harta benda milik bekas penguasa Tunisia Ben Ali. Selain itu, mereka juga menemukan kira-kira 1,500 perhiasan serta sejumlah produk kecantikan.

"Ini benar-benar memalukan. Seluruh rakyat wajar malu dengan apa yang dilakukan mereka (Ben Ali dan Isterinya)," ujar penyelidik kerajaan Neji Baccouche seperti dikutip AFP, Sabtu (12/11/2011).

Baccouche segera menyerahkan laporan hasil penemuannya tersebut kepada Suruhanjaya Penyelidikan Rasuah Tunisia. Suruhanjaya ini memang sengaja dibentuk untuk menyelidik kes korupsi Ben Ali.

Setelah penemuan itu, Baccouche menyarankan agar bekas Istana Kepresidenan di Sid Bou Said diubah menjadi museum. Hal ini dilakukan agar semua orang tetap ingat tindakan korupsi yang dilakukan oleh Ben Ali selama dia berkuasa, serta gaya hidup mewah  Leila Trabelsi, Isteri Ben Ali.

Laporan setebal 345 halaman yang disusun oleh Baccouche memperlihatkan korupsi yang tidak hanya ternyata dijaga ketat pegawai tinggi negara. 

Laporan itu juga membongkar tindakan korupsi di perusahaan milik negara, kementerian, bank, pejabat percukaian, media serta pengacara-pengacara yang menjadi kroni Ben Ali.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...